HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP HEDONIS DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP PONSEL PADA REMAJA
Kamis, 06 September 2012 06:06

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup hedonis dan konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap ponsel pada remaja. Gaya hidup hedonis dan konformitas teman sebaya sebagai variabel hidup hedonis dan konformitas teman sebaya sebagai variabel bebas (prediktor) sedangkan perilaku konsumtif terhadap ponsel sebagai variabel tergantung (karakteristik). Hipotesis yang diajukan adalah hubungan positif antara gaya hidup hedonis dan konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap ponsel.
Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Surakarta kelas 2 yang berusia 15-18 tahun dan memiliki ponsel. Penelitian ini mengambil subjek 55 siswa. Alat ukur pengumpulan data yang digunakan adalah skala gaya hidup hedonis, skala konformitas teman sebaya dan skala perilaku konsumtif terhadap ponsel. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik korelasi analisis regresi dua prediktor dan dengan bantuan program SPSS 15.0 For Windows Release.
Hasil penelitian menunjukkan korelasi sebesar 0,514 dengan p < 0,01. Hal ini berarti ada korelasi positif yang sangat signifikan antara gaya hidup hedonis dan konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap ponsel pada remaja. Hal ini berarti semakin tinggi gaya hidup hedonis dan konformitas teman sebaya, maka perilaku konsumtifnya semakin tinggi, sebaliknya semakin rendah gaya hidup hedonis dan konformitas teman sebaya, maka perilaku konsumtifnya semakin rendah pula.
Koefisien determinasi dari korelasi tersebut adalah sebesar R2 = 0,264, artinya gaya hidup hedonis dan konformitas teman sebaya memberi sumbangan efektif terhadap perilaku konsumtif terhadap ponsel pada remaja sebesar 26,4 % sedangkan 73,6 % sisanya ditentukan oleh faktor lain.


Kata kunci: Gaya hidup hedonis, Konformitas teman sebaya, Perilaku konsumtif

 

File lengkapnya bisa diunduh disini.

 

Login Admin



Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini21
mod_vvisit_counterTotal122363

Online

Kami memiliki 1 Tamu online