STUDI PUSTAKA RUWATAN CUKUR RAMBUT GEMBEL SEBAGAI SYMBOLIC HEALING DI DATARAN TINGGI DIENG WONOSOBO PDF Cetak E-mail
Kamis, 06 September 2012 02:59

Abstrak


Symbolic healing atau penyembuhan dengan mentransformasikan simbol-simbol dari nilai yang diyakini, sampai saat ini masih banyak dijumpai, baik di kalangan agama maupun budaya tertentu di dunia, biasanya terkait dengan faktor agama atau kepercayaan. Variasi kegiatan penyembuhan dilakukan berdasarkan nilai-nilai yang diyakini oleh sekelompok individu (lokal). Demikian halnya dengan yang terjadi pada kasus anak berambut gembel (gimbal) yang menunjukkan simtom seperti gangguan kepribadian kluster A yaitu schizoid.
Secara psikologis, gangguan tersebut dapat diatasi melalui serangkaian proses terapi. Akan tetapi hal tersebut berbeda dengan kondisi di Dieng. Temuan yang menarik adalah bahwa simptom-simptom gangguan schizoid dengan onset masa anak-anak dapat tiba-tiba “hilang” saat anak minta dipotong rambut gimbalnya.
Upacara potong rambut gembel (gimbal) dilakukan oleh dukun setempat melalui prosesi yang disebut dengan ruwatan cukur rambut gembel. Adanya keyakinan bahwa dengan memotong rambut gembel maka kesialan akan hilang dan digantikan dengan kesejahteraan, dengan difasilitasi oleh mantra-mantra yang diucapkan oleh si dukun. Studi pustaka dari beberapa tulisan mengenai proses ruwatan cukur rambut gembel menghasilkan kesimpulan bahwa proses ruwatan cukur rambut gembel merupakan manifestasi dari symbolic healing yang khas (local).


Kata kunci : rambut gembel, ruwatan, symbolic healing

 

File lengkap bisa diunduh disini.

LAST_UPDATED2
 

Login Admin



Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini19
mod_vvisit_counterTotal122362

Online

Kami memiliki 3 Tamu online